PANEMBAHAN ATUK KAYA


BY : MARTE

Atuk Kaya'k (Atuk Bunsu) adalah seorang panembahan dari suku dayak yang pernah menjadi raja di eranya. Beliau (Atuk Kaya'k) meninggal dunia dalam perantauan karena ingin menghindarkan anak-cucunya dari kejaran LANUN (penjahat besar). Menurut seorang tokoh dayak yang kebetulan bercerita kepada saya waktu di Yogyakarta, panembahan Atuk Kayak merupakan orang yang sangat bijaksana dan berani. Selain itu ia juga seorang pemberani, namun karena alasan ingin menyelamatkan anak-cucunya, pada saat Lanun memasuki daerahnya ia melarikan diri (keluar) dari wilayah kekuasaannya. Ia khawatir kalau ia (Atuk Kaya'k) tetap bertahan di wilayahnya, anak-cucunya akan dibunuh oleh Lanun.
Tanpa pikir panjang, Atuk kaya'k mengasingkan diri dari kejaran lanun. Ia bermaksud setelah ia menemukan tempat tinggal bagi anak-cucunya ia akan kembali ke daerah yang ia kuasai. Namun, malang sebelum ia bisa kembali ke daerah kekuasaannya ia sakit dan meninggal dunia dalam perjalanan sehingga cita-citanya utuk mengusir lanun (Penjahat/perampok) di wilayah kekuasaannya tidak berhasil dilakukannya.
Oleh keturunan Panembahan Atuk kaya'k (Maurum), karena cita-cita kakeknya tidak bisa diwujudkannya dan menghindari kejaran Lanun, maka gelar kebangsawan Atuk Kayak di sembunyikan alias tidak di pakai. Beliau (Maurum) berpendapat, dengan tidak di pakainya gelar kebangsawanan dari kakeknya (Atuk Kaya'k) maka anak cucu dan keturunan dari panembahan atuk kayak dapat terhindar dari pengejaran oleh kelompok lanun.

Tidak ada komentar: