Ketapang salah satu bagian dari pembangunan di Kalbar

Gubernur Kalbar Drs. Cornelis, MH mengingatkan peserta musrenbang, penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), program dan kegiatannya, harus bersinergi dan berintegrasi dengan program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kalbar dan Pusat.
Dikatakannya, musrenbang tingkat kabupaten merupakan forum musyawarah pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholder), untuk mematangkan rancangan RKPD hasil musrenbang tingkat kecamatan yang memuat prioritas pembangunan daerah, pagu indikatif pendanaan berdasarkan urusan dan fungsi SKPD.

“Disamping itu, mencakup pula rancangan alokasi dana desa serta informasi mengenai kegiatan yang pendanaannya bersumber dari APBD kabupaten/provinsi, ABN dan sumber pendanaan lainnya, dengan demikian forum tersebut sangat penting dan strategis,” ungkapnya.
Dilihat dari rentang waktu perencanaan jangka menengah, musrenbang Kabupaten Ketapang menurutnya relatif istimewa, karena merupakan tahun awal perencanaan dan pelaksanaan RPJMD Kalbar tahun 2008-2013. Terlebih lagi dalam rangka ‘Terwujudnya Masyarakat Kalbar yang beriman, sehat, cerdas, aman, berbudaya dan sejahtera’ yang merupakan visi Kalimantan Barat lima tahun ke depan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Ketapang, H Morkes Effendi SPd MH, mengatakan, rencana pembangunan pada tahun 2009 mendatang memprioritaskan program-program yang terkait dengan penyediaan infrastruktur bagi masyarakat, pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi rakyat, serta pembangunan pedesaan dan peningkatan kemampuan/kapasitas aparatur Pemkab.

Disamping itu, kata Morkes, Pemkab juga menanggapi isu-isu strategis pembangunan di Kabupaten Ketapang, terutama mengenai peningkatan jalan-jalan poros, sarana dan prasarana perhubungan, seperti bandara, pengerukan alur muara pelabuhan, pelabuhan perikanan, fasilitas air bersih, pendidikan dan kesehatan serta pemberdayaan usaha perekonomian rakyat.
“Semuanya itu perlu dukungan dari Pemprov Kalbar untuk diakomodir dan disinergikan dengan rencana kerja Pemprov,” papar Morkes.

Menurutnya, musrenbang salah satu tujuannya adalah menjadi media konsultasi publik bagi segenap stakeholder daerah, untuk menetapkan program dan kegiatan serta merekomendasi kebijakan untuk mendukung implementasi program/ kegiatan TA 2009. Tampak hadir sejumlah kepala instansi Pemprov Kalbar, para kepala instansi di lingkungan Pemkab Ketapang, camat, lurah, kades, LSM dan sejumlah organisasi kemasyarakatan lainnya. Musrenbang digelar selama dua hari. (Gusti Iswadi-Freelancer/Borneo Tribune)

Marterinus,

Tidak ada komentar: