Jalan Rusak, Penemuhan Kebutuhan Ekonomi masyarakat terhambat.

Jika dikaji secara rinci hal tersebut tentu ada hubungannya, mengingat jalan merupakan salah satu pasilitas umum pendukung dalam memenuhi kebutuhan hidup. Bayangkan saja misalkan disatu desa atau tempat tidak mempunyai jalan yang dapat menghubungkan masyarakat yang ada disatu daerah dengan masyarakat yang ada didaerah lainnya, maka bukan tidak mungkin komunikasi masyarakat tersebut akan terhambat, apalagi ditambah dengan keterbatasan pasilitas pendukung seperti media elektronik berupa telepon, hp atau media lainnya yang dapat membantu pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat.

Saya tidak tahu mengapa seolah kerusakan jalan di kec. Manis mata, kab. Ketapang menjadi hal yang sanagat bias dimasyarakat dan seoalah hal tersebut tidak pernah mendapat perhatian PEMDA untuk segera diperbaiki. Dan jika ada masyarakat yang komlin/bertanya selalu pihak asing (Perusahaan) seoalah menjadi pemicu kerusakan jalan tersebut dengan demikian maka pihak perusahaanlah yang harus bertanggungjawab untuk memperbaikinya.

Parahnya pihak pemda sendiri tidak pernah mengingatkan pihak perusahaan jika memang benar bahwa penyebab kerusakan jalan dipicu oleh aktivitas perusahaan. Saya tidak tahu mengapa hal tersebut bias terjadi, kesimpulan sementara yang bias saya tangkap dari adanaya berbagai kerusakan jalan dari kec. Manis mata menuju kabupaten ketapang karena dipicu oleh ketidak pedulian pemerintah baik di tingkat pusat, tingkat daerah maupun pemda kabupaten dan instansi terkait, karena setahu saya adanya kerusakan jalan tersebut bukannya tidak diketahui oleh pemerintah.

Menurut saya seharusnya dalam hal ini pemerintah daerah dan istansi terkait harus bias saling bekerja sama dan khusus untuk pemerintah pusat dapat lebih memperhatikan pembangun didaerah-daerah juga, khususnya Kalimantan yang seolah tidak pernah mendapatkan perhatian, karena setahu saya jika hal seperti ini terjadi di pulau lain seperti dijawa, pemerintah lebih tanggap untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi di daerah di Jawa. Saya tidak akan banyak memberikan komentar dalam tulisan ini, akan tetapi saya sangat berharap betul agar pemerintah pusat ikut terlibat memikirkan berbagai masalah yang terjadi di daerah-daerah lain seperti Kalimantan (Kalbar, Kalteng, Kaltim dan Kalsel) jangan hanya fokus pada pembangunan di Pulau jawa saja sehingga tingkat kesejahtraan masyarakat Indonesia dapat ditingkatkan.

Masalah lain yang menjadi keprihatian saya adalah maslah pendidikan, saya juga merasa perhatian pemerintah terhadap pembangunan pasilitas pendidikan, khususnya di dusun beriam, kec. Manis mata, Kab. Ketapang, kalbar sengaja untuk diabaikan. Pihak perusahaan yang berada didaerah kec. Manis mata hanya membangun sekolah-sekolah di daerah-daerah yang menjadi pusat perkebunan, sementara didaerah yang justru menjadi pemukiman penduduk mereka (perusahaan) tidak pernah memperhatikannya.

Tidak ada komentar: